Home » , , » Menanam Anggrek Dengan Menggunakan Media Pot

Menanam Anggrek Dengan Menggunakan Media Pot

Saya akan berbagi pengalaman tentang cara menanam anggrek dengan menggunakan pot. Biasanya kebiasaan menanam bunga dilakukan oleh perempuan saja, namun tidak ada salahnya laki-lakipun mencoba menanam bunga, teman-teman bisa juga mencobanya.
Pot  yang baik bagi tanaman anggrek sebaiknya bukan cuma memiliki lubang di bagian bawah. Tetapi sebaiknya pot memiliki lubang di bagian samping.

Pertama kita siapkan gula, kopi dan jangan lupa kita seduh dengan air panas. Supaya tidak ngantuk, kan kalau ngantuk bahaya bisa-bisa tidak jadi menanam bunga Anggrek, hehe.
Setelah mempersiapkan pot, selanjutnya adalah pemilihan media tanam. Media tanam untuk anggrek harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu tidak mudah lapuk. Media tanam anggrek juga harusnya mempunyai aerasi udara yang baik yang mampu mengikat air dan unsur hara secara baik, mudah didapatkan, dan harganya juga relatif murah.
Beberapa media tanam anggrek yang baik untuk kita gunakan adalah sabut kelapa, kayu, arang, pakis. Masing-masing media tanam yang biasa digunakan ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, namun media tanam yang disebutkan tadi dipastikan adalah sebagai media tanam yang terbaik untuk tanaman anggrek.
Langkah selanjutnya adalah memilih tiang penahan tanaman. Tiang penahan tanaman ini dibuat dari kawat dengan diameter 2-4 mm. Fungsinya agar dapat menyangga tanaman agar tidak goyah saat penyiraman.
Untuk menanam anggrek dalam pot, maka langkah-langkah yang kita lakukan adlah, memasang tiang penahan. Isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya. Kemudian masukan media arang kayu atau pakis 1/3 tinggi pot. Setelah itu tanaman anggrek diletakan di atas media dan akar diatur supaya menyebar rata. Jangan lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga. Selamat mencoba.

Judul Artikel: Menanam Anggrek Dengan Menggunakan Media Pot
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment