Home » , » Cara Menanam Anggrek di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Anggrek di Pekarangan Rumah


Bila anda menyukai bunga anggrek tetapi tidak memiliki lahan yang luas untuk membudidayakannya maka tidak usah bingung, anda dapat menanamnya menggunakan media pot. Dengan demikian anda bisa secara mudah merawatnya karena anggrek terkenal sebagai tanaman yang sedikit rumit dalam hal perawatan. Untuk bibit atau benih anda bisa mendapatkannya di pasar tanaman atau mencari di daerah yang masih terjaga kealamiannya seperti hutan, kebun dan persawahan. Dari segi ekonomis anggrek merupakan produk holtikultura yang menjanjikan karena harganya yang tinggi. Cara menanam anggrek dibagi menjadi 2 tahap yaitu penanam serta pemeliharaan :

1. Penanaman :
  • Dalam masa pertumbuhan anggrek bisa ditanam di dalam pot, dalam media ini ada beberapa bahan khusus yang sudah didesain untuk menunjang pertumbuhan bunga anggrek. Seperti ; arang / kayu bakar, pecahan batu bata, pecahan genting, kulit kelapa, dan sabut kelapa. 


2. Pemeliharaan :
  • Pemupukan = dalam pemupukan bunga anggrek dapat menggunakan pupuk kimia / pupuk kandang bisa juga kompos. Untuk pemupukan dari pupuk kimia dilakukan perbandingan cara sedlings / mid size, dalam hal ini perbandingannya berbeda-beda. Untuk sistem sedlings gunakan perbandingan K, P, K sebesar 60 : 30 : 10. Dalam pemupukan ini unsur nitrogen lebih banyak karena bertujuan untuk membentuk senyawa protein yang banyak juga, karena hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan dari bunga anggrek tersebut. Lalu untuk mid size perbandingannya sebagai berikut 30 : 30 : 30, untuk pupuknya menggunakan pupuk kandang, bisa dari kotoran sapi, kambing, kerbau, kuda, dan ayam. Selain mengandung semua unsur yang dibutuhkan tanaman, pupuk kandang juga mampu menyimpan air untuk kebutuhan tanaman apalagi pada musim kemarau. 
  • Penyiraman = penyiraman merupakan salah satu faktor yang penting dari cara menanam anggrek. Pemberian air yang cukup serta teratur dapat menunjang pertumbuhan dari bunga anggrek. Karena air mengandung unsur H dan O dan berfungsi sebagai pengisi serta pengatur tekanan sel. Jadi jangan sampai lupa untuk menyiram. 


Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menanam anggrek.

Judul Artikel: Cara Menanam Anggrek di Pekarangan Rumah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment