Home » » Cara Menanam Bawang Putih Dengan Mudah

Cara Menanam Bawang Putih Dengan Mudah

Dalam bahasa latin bawang putih disebut dengan allium sativum L, tanaman ini selain penting dalam masakan sebagai bumbu, juga merupakan tanaman yang menjadi sumber pertumbuhan terbaru ekonomi dalam bidang pembangunan pertanian. Bawang putih ini merupakan komoditas yang potensial untuk subsitusi impor terutama untuk penghematan devisa. Perkembangan terakhir yaitu pada tahun 2006, impor Indonesia untuk komoditas bawang putih sebanyak 295.000 ton dengan nilai 103 juta dollar atau dalam rupiah sekitar 927 milyar rupiah, untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen dalam negeri.



Salah satu masalah dalam budidaya bawang putih saat ini adalah pada varietas bawang putih itu sendiri karena yang berkembang di Indonesia ternyata mempunyai kuantitas hasil yang lebih rendah daripada varietas yang berkembang di daerah subtropis. Selain itu tingkat pengusahaannya juga terbatas pada daerah dataran tinggi kurang dari 800 meter dpl. Dengan adanya varietas bawang putih yang bagus ditanam pada dataran rendah menjadi peluang baru untuk budidaya bawang putih sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi bawang putih karena setiap tahun terus meningkat. Menurut data dari susena, konsumsi bawang putih per kapita penduduk di Indonesia mencapai angka 1,13 kg per tahun, sehingga kebutuhan komoditi bawang putih mencapai 250.000 ton per tahun. Berikut cara menanam bawang putih yang dapat anda pelajari dan terapkan di rumah :


  1. Waktu tanam = sebaiknya menjelang musim kemarau datang. Yaitu di bulan April hingga Juni sebab pada bulan tersebut kemarau sudah tiba.
  2. Pemilihan bibit = pilih bibit yang berkualitas agar hasil yang diperoleh juga maksimal. anda dapat membeli bibit bawang putih langsung sehingga dapat menghemat waktu daripada harus membuat bibit sendiri. Bila membeli perhatikan ukurannya, pilih yang berukuran kecil atau sedang.
  3. Teknik menanam = umbi bawang putih yang akan ditanam harus dipecah terlebih dahulu untuk mempermudah penjemuran yang dilakukan selama beberapa jam. Sebelum menanam, media tanam atau bedengan harus dibasahi dulu, lalu bibit ditanam pada lubang yang sudah disiapkan. Kedalaman untuk menanam siung bawang putih sekitar 3 hingga 4 cm.


Sekian tentang cara menanam bawang putih semoga bisa anda terapkan di rumah sehingga tidak perlu membeli lagi.

Judul Artikel: Cara Menanam Bawang Putih Dengan Mudah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment