Home » » Cara Menanam Bunga Sesuai Dengan Manfaatnya

Cara Menanam Bunga Sesuai Dengan Manfaatnya


Siapa yang tidak gemar menanam bunga? Menanam adalah hal yang paling menyenangkan bagi beberapa kalangan, tidak peduli derajat, status sosial, usia, dan tingkat pendidikan, semua pasti gemar menanam. Kegiatan ini sangat seru dan dapat juga sebagai sarana komunikasi dan tingkatkan kebersamaan kita dengan keluarga maupun kerabat atau teman – teman kita. Berikut ini kita akan membahas mengenai trik dan juga cara menanam bunga sesuai dengan manfaatnya. Terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa jenis tanaman :

1. Tanaman Bougenville
Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan, dan bunganya pun cukup indah dilihat. Tanaman ini memiliki manfaat sebagai filter debu pada rumah kita. Kelebihan tanaman ini yang lain adalah akar yang kuat sehingga tidak mudah mati jika dipindah pindahkan, namun tenang saja, akar dari tanaman ini tidak merusak pagar.

2. Tanaman Jenis Peneduh
Tanaman ini sering kita jumpai di jalan, namun kebanyakan jenis tanaman ini adalah tanaman besar, contohnya beringin, mangga dan sebagainya. Tanaman jenis ini menciptakan iklim mikro, artinya tanaman ini akan menciptakan uap air yang nantinya akan terbawa masuk bersama angin ke dalam rumah atau area pekarangan rumah kita, pastinya akan membuat angin menjadi terasa sejuk.

3. Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman ini adalah selasih, suren, geranium, tembelekan, rosemary, tahi totok, lavender, kenanga, zodia, dan catnip. Tanaman ini bisa kita tanam sebagai tanaman hias di halaman rumah kita.

4. Tanaman Detoxify / Penyerap Racun
Tanaman ini terkenal sebagai tanaman penyerap CO2 paling ampuh, dan kemampuannya dalam menyerap polusi dan racun tidak diragukan lagi. Tanaman ini adalah seperti sansivera, lidah buaya, lidah mertua, krisan, aglonema, beringin, dan andong. Lidah mertua dapat menjadi pilihan, karena mampu menyerap kandungan logam berat di udara seperti timbal. Aglonema cocok juga untuk rumah para perokok, karena mampu menyerap CO2 secara efektif, dan menghilangkan kandungan niotin di udara.

Setelah kita mengetahui jenis – jenis tanaman, maka saatnya kita menanam.
Pertama mengenai pot, pot perlu diganti setelah selang beberapa waktu digunakan oleh tanaman, karena ditakutkan media tersebut tidak lagi dapat menampung tanaman tersebut, dan menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Ciri – ciri pot yang perlu diganti adalah jika pot sudah padat oleh tumbuhnya tunas-tunas baru, pot sudah tidak cukup menampung akar tanaman, media penanaman yang digunakan sudah banyak ditumbuhi lumut, dan media tanaman sudah lapuk.

Kedua, kita perlu memperhatikan pencahayaan oleh matahari, harus cukup dan tidak boleh berlebih. Ada beberapa tanaman yang memang memerlukan cahaya matahari dengan intensitas yang sangat tinggi, ada juga yang sedang, dan ada yang rendah. Anggrek merupakan tanaman yang memerlukan intensitas cahaya matahari yang sangat rendah, seperti di habitat aslinya yang tumbuh menumpang / menempel pada pohon besar yang rindang. Rata – rata anggrek memerlukan intensitas sekitar 40% sampai dengan 60%, namun berbeda dengan jenis anggrek phalaenopsis, yang memerlukan hanya sekitar 20%. Membuat naungan cukup mudah, kita hanya memerlukan paranet, dan kita atur sesuai dengan kebutuhan intensitas cahaya dari setiap tanaman.

Selanjutnya penyiraman perlu juga diperhatikan, kita harus mempelajari karakteristik tiap tanaman, tidak semua tanaman menyukai air, dan setiap tanaman mempunyai waktu yang berbeda dalam penyiraman. Penggunaan sprayer sangat cocok untuk tanaman kecil seperti anggrek, agar media tanaman tidak rusak.
Jangan lupa, kita harus mengetahui suhu dan kelembaban yang dibutuhkan oleh tanaman yang akan kita tanam, karena setiap tanaman memiliki habitat yang berbeda. Maka kita harus menanam tanaman yang sesuai dengan suhu di lingkungan sekitar kita. Kelembaban udara juga mempengaruhi, tingginya kelembaban udara bagi tanaman dapat mendukung pertumbuhan atau berbalik menyebabkan jamur dan penyakit.

Diatas adalah cara menanam bunga jika dilihat dari manfaatnya, semoga dengan info diatas, taman dan kebun kita menjadi rindang dan elok dipandang.

Judul Artikel: Cara Menanam Bunga Sesuai Dengan Manfaatnya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment