Home » , » Cara Menanam Cabai Rawit Yang Tepat

Cara Menanam Cabai Rawit Yang Tepat

Cara Menanam Cabai Rawit Yang Tepat

Cabai rawit merupakan sayuran serta buah yang memiliki rasa yang pedas, sayuran ini sangat dibutuhkan sebagai bumbu masak. Di Singapura dan Malaysia disebut dengan cili padi . di Thailand disebut dengan phrikkhinu. Di Filipina disebut dengan siling labuyo Di Kerala dan India disebut dengan Kanthari mulagu. Di Inggris disebut dengan thai pepper. Dari segi harga cabe lumayan mahal jadi bisa dijadikan penghasilan tambahan bahkan utama. Karena saat ini persaingan dalam budidaya cabe rawit masih minim.

Meskipun ukurannya  kecil daripada cabai lainnya, cabai rawit mempunyai rasa yang sangat pedas karena pedasnya mencapai  50.000 sampai 100.000 pada Skala Scoville. Biasanya cabai rawit dijual di pasar tradisional dengan varitas cabai yang lain.

Berikut cara menanam cabai rawit yang benar  :

Syarat Tumbuh

  1. Tanah = tanah yang direkomendasikan sebagai media tanam cabai rawit adalah tanah yang subur dan gembur selain itu juga harus kaya dengan zat hara. Usahakan memilih tanah yang baik dalam penyerapan air jangan memilih tanah yang tidak bisa menyerap air dengan baik karena akan menjadi genangan dan bisa merusak cabai. Untuk itu perbanyak pemberian humus. Cabai rawit bisa ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah.
  2. Iklim = cabai rawit bisa tumbuh di daerah yang mempunyai banyak curah hujan ataupun di daerah yang kurang hujan, yang terpenting suhunya sekitar 25 – 31 derajat (celcius). Bibit yang sudah berumur 1 bulan harus cepat ditanam agar tidak layu, dan waktu penanaman yang baik adalah sore hari. Ciri-ciri benih yang siapa tanam ; tidak terserang penyakit dan hama, pertumbuhan benih seragam.
  3. Penanaman = untuk penanaman usahakan jangan terlalu dekat/rapat jaraknya, hal in untuk mengurangi serangan dari hama penyakit. Selain itu juga untuk mempermudah dalam perawatan. Kira-kira jarak tanam yang ideal adalah 60 x 60 cm. tetapi jarak tanam harus disesuaikan dengan musim, bila kemarau bisa dirapatkan.


Cara menanam cabai rawit ini semoga bisa menambah referensi anda dalam dunia pertanian.

Judul Artikel: Cara Menanam Cabai Rawit Yang Tepat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment