Pages

Wednesday, July 24, 2013

Cara Menanam Cabe Hijau Dengan Mudah

Cara menanam cabe hijau paling banyak dilakukan oleh siapa saja, bukan hanya dari kalangan petani namun selain petani pun dapat menanamnya. Ini dikarenakan banyak sekali manfaat jika kita dapat menanam cabe sendiri, misalnya yang paling umum dapat dibuat sebagai bumbu dalam masakan, jadi tidak perlu bersusah payah untuk membeli cabe. Selain itu yang mempunyai tanah luas dapat merambatkan tanamannya dengan menambah pupuk yang digunakan agar cabe dapat dijual. Selain permintaan yang tinggi, harga jualnya untuk saat ini melonjak naik apalagi ketika berada dihari tertentu seperti lebaran. Jika ketekunan dalam merawat cabe ini lancar dan tidak putus asa maka hasilnya bisa maksimal dan memuaskan.



Semua orang setidaknya pernah makan cabe. Pedas yang dirasakan sudah tidak terasa lagi ketika seseorang itu sangat gemar dengan cabe. Maka dari itu cabe sebagai bahan utama yang paling penting dalam membuat masakan.

Cara menanam cabe hijau ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Langkah awal didahului dengan mengolah tanah dengan membajak sedalam tiga puluh cm sehingga dapat menjadi gembur. Diamkan hingga seminggu agar terkena sinar matahari. Untuk membuat bedeng ditentukan jarak dan lebar serta tinggi yang sesuai kira-kira seratus cm untuk lebar dan dua puluh cm untuk tinggi bedeng. Pupuk yang digunakan pun wajib yang berkualitas tidak menimbulkan bau dan panas. Jaraknya ada yang sekitar 50 x  70 cm. Setelah langkah ini selesai, selanjutnya penyemaian. Kegiatan ini bertujuan agar dapat menghasilkan bibit yang benar-benar bagus. Tahapannya dengan membuat bedeng dan penyemihan, untuk menanam dengan menyiram dan memilih bibit untuk ditaman, ketika itu lepas plastik yang menempel pada bibit, terakhir padatkan tanah.

Cara menanam cabe hijau terakhir adalah memelihara tanaman dengan rajin menyiram dua kali dalam sehari, dilanjutkan dengan penyiangan dengan sabit, memupuk dan pencegahan hama penyakit. Banyak yang sering menyerang cabe hijau antara lain tungau marah dan kutu gurem. Saat tanah                                              terserang hama harus langsung menyabut tanaman itu dan dikumpulkan lalu dibakar. Terakhir yang paling ditunggu-tumggu adalah memanen, bisa kita petik saat warna hijau atau merah. Bisa dilakukan sekitar empat hari hingga seminggu.

No comments:

Post a Comment