Home » , » Cara Menanam Sawi Putih Yang Tepat

Cara Menanam Sawi Putih Yang Tepat

Cara menanam sawi putih sama halnya dengan penanaman sawi hijau. Harus memperhatikan iklim yang terdapat pada daerah yang ingin digunakan. Penentuan tentang iklim ini yang pertama dilakukan jika hendak ingin menanam sawi putih karena jika iklim tidak cocok maka kerugian yang akan didapatkan. Suhu yang bagus untuk tanaman sawi 19 derajat celcius hingga 21 derajat. Jika terlalu tinggi suhunya maka pertumbuhannya akan susah berkembang. Kelembaban yang sesuai sekitar 80 %.  Dan curah hujan 1000 mm per tahun. Sawi putih tidak suka dengan air yang menggenang dan jika terlalu banyak memberikan air maka benihnya akan rusak. Kerusakan sawi juga berpengaruh dengan tingginya kelembaban seperti daun yang jelek dan tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Selanjutnya tanah yang dipakai harus yang baik dan subur serta gembur, ketinggian seribu meter dpl cocok untuk sawi. Pada akhir musim hujan sangat cocok untuk menanam sawi, karena jika dilakukan selama musim hujan akan maka serangan hama akan datang dan penyakit seperti kerusakan daun.



Cara menanam sawi menggunakan lahan yang berfungsi untuk persemaian benih dan yang paling baik ialah selalu mendapatkan sinar matahari, dekat dengan sumber air bersih, di pekarangan rumah, jangan ada air yang menggenang, tanah gembur dam bebas dari batu dan rumput. Bibit ditanam saat umur dua puluh satu hingga tiga puluh hari, dan untuk persemaian siapkan lima belas hari. Jadi selisihnya tiga puluh enam hari. Bibit generative banyak dipakai oleh petani dan jika ingin memiliki bibit berkualitas baik harus disemai dahulu sebelum tanam. Cara untuk mendapatkan bibit yang baik ialah memilih biji yang tidak cacat, sehat, tidak bercampur dengan biji lain, dan tidak keriput. Langkah selanjutnya ialah mengolah tanah yang dilakukan tiga minggu sebelum penyemaian. Proses ini ada tiga tahap yang pertama tanah dibajak terlebih dahulu dan biarkan selama satu minggu, kemudian gemburkan menggunakan cangkul dan tahap terakhir gembur dengan cangkul tetapi tipis-tipis saja.

Pembuatan Bedengan tergantung varietas, tetapi sebaiknya tinggi bedengan sekitar 40 cm agar tidak tergenang air.  Pasang Mulsa agar sawi tetap terjaga dengan kualitas baik.

Cara menanam sawi putih di kebun ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan seperti sistem cabut dan sistem putaran. Langkah terakhir yang dilakukan adalah penyulaman, pemupukan susulan serta penyiangan agar terhindar dari penyakit.

Judul Artikel: Cara Menanam Sawi Putih Yang Tepat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment