Home » » Global Warming? Cegah dan Kurangi Dampaknya Dengan Cara Menanam Pohon Sejak Dini

Global Warming? Cegah dan Kurangi Dampaknya Dengan Cara Menanam Pohon Sejak Dini


Siapa yang tak takut dengan pemanasan global yang menyebabkan hancurnya bumi secara perlahan? Tidak dapat dipungkiri, kita perlu mengoreksi diri kita sendiri, apa yang telah kita perbuat dan upaya apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki bumi kita tercinta ini. Efek dari pemanasan global adalah rusaknya ekosistem dan kacaunya iklim di bumi. Cara paling mudah yang dapat  kita lakukan adalah dengan penanaman pohon. Banyak media yang membahas cara menanam pohon, baik media cetak, majalah, buku, atau internet.

Kita juga mengetahui bahwa tanaman pohon mulai tergusur karena pembangunan berlebih, pencemaran udara, selain itu lahan pertanian pun dalam keadaan kritis jika tidak ada pohon sebagai faktor pelindung pertanian. Hal ini menyebabkan bencana alam yang semakin meningkat.

Ada beberapa cara menanam pohon yang perlu diperhatikan, salah satunya yang paling penting kita harus menyiapkan lahan, mengingat dalam proses penanaman pohon merupakan proses jangka panjang atau lebih dari 2 tahun. Lahan yang luas dapat membantu pertumbuhan penanaman pohon.

Dalam pemilihan jenis bibit perlu kita cermati, karena bibit yang akan ditanam harus sesuai dengan kondisi lahan, dan juga apa fungsi tanaman tersebut bagi lingkungan kita. Ada banyak jenis tanaman pohon-pohonan yang teduh seperti pohon flamboyant, kersen, trembesi, dan beringin. Namun jika kita memiliki kondisi lahan dengan tanah yang kurang subur, maka kita dapat menanam pohon sengon dan pohon akasia, mengingat pohon tersebut memiliki daya tahan atau survivability yang kuat. Dan kita dapat menanam tanaman buah jika kita ingin menikmati panen buah, seperti mangga, rambutan, jambu, dan alpukat.

Lalu, setelah memilih bibit, coba untuk membuat lubang tanam guna menempatkan pohon yang akan kita tanam. Buatlah lubang sehari sebelum masa tanam, hal ini dimaksudkan untuk menstabilkan suhu udara di dalam tanah dan dipermukaan tanah agar pohon yang kita tanam tidak stress.

Waktu terbaik untuk menanam adalah sekitar pukul 07.00 pagi sampai dengan 09.00 pagi, dan 17.00 sore sampai dengan 18.00 petang. Karena pada waktu tersebut suhu tanah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Jangan lupa untuk membuat naungan agar pohon yang ditanam tidak terpapar sinar matahari secara langsung, karena nantinya akan mati. Rawat pohon yang ditanam, dan beri pupuk sesuai jenis tanaman agar pertumbuhannya stabil.

Setelah mengetahui cara menanam pohon dengan benar, mari kita galakkan gerakan menanam pohon demi menghijaukan bumi kita tercinta ini. Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 10 tahun yang lalu, namun jika belum pernah menanam, maka masih ada waktu terbaik kedua. Semoga bermanfaat.

Judul Artikel: Global Warming? Cegah dan Kurangi Dampaknya Dengan Cara Menanam Pohon Sejak Dini
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment