Pages

Friday, July 26, 2013

Teknik Untuk Cara Menanam Anggrek Bulan

Pada topik bahasan kali ini kami akan menjabarkan tentang teknik untuk cara menanam anggrek bulan. Anggrek bulan ini  sebenarnya lebih cocok jika ditanam pada daerah dengan yang memiliki ketinggian 500 hingga 800 m dpl.  pada Suhunya antara 18o C hingga 26o C yang mempunyai peranan yang penting bagi pertumbuhan Serta pembungaan. Untuk Cahaya yang dibutuhkan oleh  Phalaenopsis ini ialah 1.000 hingga 1.500 fc ataupun penyinaran sinar matahari yang sekitar 20 hingga 30%. Pada Kelembaban yang dibutuhkan ialah 60 hingga 75%.



Pada sarana penanaman pada penanaman anggrek bulan ini berupa pot dan juga penopang. Dalam hal penanaman ini sebuah penopang sangat penting untuk anggrek supaya tidak mudah roboh. Untuk pot yang di gunakan merupakan pot tanah, kotak kayu ataupun pot plastik, dan untuk penopangnya biasanya menggunakan sebuah kawat atau bambo.

Untuk penanaman pada Bibit anggrek botolan telah berusia 1 tahun ataupun yang  daunnya sudah mencapai hingga 1 cm serta sudah muncul 2 hingga 3 helai akar. Maka Anggrek dapat anda keluarkan dari botol dengan  menggunakan kawat yang telah anda bengkokkan di bagian ujungnya. Maka pada Anggrek yang baru anda keluarkan dapat anda tanam  di dalam pot plastik. Setelah mencapai Tiga bulan kemudian,maka  tanaman anggrek ini dapat  dipindahkan ke dalam pot yang lebih kecil dengan ukuran 8 cm ataupun  10 cm serta dapat ditanami 3 hingga 5 tanaman. Untuk Pot yang telah  diisi dengan  media 2/3 bagian, dan  kemudian anda dapat memasukkan larutan dengan  fungisida hingga 2 ml/l serta larutan pupuk organic dengan ukuran 2 ml/l. Setelah tanaman anggrek mencapai umur 3 bulan anda dapat melakukan pemindahan tanaman atau yang biasa di kenal dengan repotting, ke dalam sebuah pot yang memiliki ukuran lebih besar yakni ukuran 18 cm untuk di Tanami, untuk satu pot dapat di lakukan untuk satu tanaman saja. Anda dapat melakukan Setiap 6 hingga 8 bulan sekali untuk melakukan penggantian  media dengan yang baru.
Inilah cara menanam anggrek bulan yang mungkin dapat anda praktekkan jika anda berkehendak menanamnya sendiri ataupun ingin membudidayakan anggrek bulan ini.

No comments:

Post a Comment