Home » , » Cara Menanam Basil Agar Tumbuh Sehat Di Iklim Indonesia

Cara Menanam Basil Agar Tumbuh Sehat Di Iklim Indonesia

Basic adalah tanaman khas yang digunakan untuk masakan eropa dan masakan italia, ada juga jenis yang dapat digunakan sebagai campuran minuman segar. Langsung saja, kita akan belajar cara menanam basil.
Pertama siapkan media semai yang sudah kita beri pupuk organik. Jumlah kuantitas pupuk organik antara 25-50%. Media semai dapat menggunakan campuran tanah atau campuran dari bahan lain. Boleh juga kita menggunakan campuran media tanam yang siap pakai atau yang dijual di toko tanaman / benih. Aduk sampai rata. Kemudian campuran media dapat dibasahi hingga lembab. Cara mengecek kelembaban adalah dengan mengepal tanah dengan telapak tangan kita. Jika tangan kita dibuka dan kepalan media nampak pecah, artinya media kurang basah.



Masukkan media ke dalam gelas air mineral, letakkan satu biji basil di atasnya. Tutup dengan media yang sama setebal ¼ cm. Siram dengan menggunakan sprayer halus. Jaga agar tetap lembab, tutup media dengan kardus. Parsley berkecambah cukup lama, sekitar 2-3 minggu. Jika sudah mulai berkecambahsegera buka tutup semai.

Setiap pagi dapat kita taruh ke tempat yang mendapat sinar matahari pagi (antara jam 7 - 9) kira-kira selama 1 jam sudah cukup. Setelah tanaman tumbuh sekitar setinggi10 cm, tanaman siap dipindah ke media pot atau langsung ke tanah

Pindahkan ke media tanam dewasa dengan perlahan dan hati – hati, jika akar rusak tentunya akan mengganggu pertumbuhan. Gunakan pot yang sesuai dengan tanaman, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Siram secukupnya, dan paparkan ke sinar matahari di pagi hari, agar pertumbuhan tetap stabil dan maksimal. Pupuk yang dianjurkan adalah pupuk cair, dengan takaran standart 1 : 1.

Jika batang dan daun sudah sepanjang kurang lebih 25 cm, basil sudah bisa dipanen. Panenlah dengan memilih daun yang sudah dewasa dan besar. Pegang pangkal tanaman basil dengan tangan kiri kita. sementara tangan kanan kita memegang pangkal daun yang nantinya akan dipanen. Satu tanaman mungkin hanya bisa dipanen sesuai dengan daun yang sudah dewasa karena yang lain mungkin masih terlalu kecil. Panen bisa dilakukan berkali - kali. Dengan pemupukan serta perawatan yang baik, maka basil bisa berumur sekitar lebih dari setahun.

Judul Artikel: Cara Menanam Basil Agar Tumbuh Sehat Di Iklim Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment