Pages

Friday, August 2, 2013

Cara Menanam Kedelai Dengan Mudah

Kedelai, ya tanaman ini memang begitu kental sekali dengan makanan penduduk di Indonesia. Seperti halnya tahu dan tempe yang seakan – akan menjadi makanan yang sangat sulit untuk di pisahkan dari kehidupan kita.  Hal ini membuat kita terkadang tertarik untuk mencoba menanamnya di pekarangan rumah kita, sehingga anda pun memerlukan bacaan tentangnya. Untuk melakukan penanaman tanaman ini maka yang anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang tak boleh anda lupakan dari tanaman ini. Salah satunya adalah tentang pengolahan tanah. Hal ini sangat penting karena jika pengolahan tanah yang kurang baik, kelembaban dan juga pasokan oksigen yang kurang maka hal tersebut dapat berdampak pada perkecambahan biji kedelai yang kurang sempurna. Dibawah ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang tata cara penanaman kedelai yang bisa anda lakukan seperti berikut :




  1. Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah tentang cara pengolahan tanah. Sebaiknya anda menyiapkan tanah yang gembur dan juga rata. Anda bersihkan lahan yang ingin anda tanami kedelai tersebut dari andanya rumput atau mungkin hal lain yang dapat mengganggu proses perkecambahan. Dan sebaiknya hal tersebut anda lakukan sebelum musim kemarau berakhir agar nantinya anda dapat langsung melakukan penanaman saat musim penghujan telah tiba.
  2. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan tentang bibit kedelai yang memiliki kualitas baik. Anda bisa mendapatkannya di toko – toko pertanian yang menyediakannya.
  3. Selanjutnya anda dapat menanam benih ini dengan cara disebar pada lahan yang telah anda siapkan. Namun jika anda menginginkan hasil penanaman yang merata maka sebaiknya anda menanam kedelai ini pada lubang yang telah anda siapkan dengan kedalaman sekitar 4 cm. Jarak tanamnya dapat anda sesuaikan dengan lahan yang anda miliki minimal 20cm.
  4. Anda juga harus menyuplai air.  Kedelai memerlukan tanah yang tidak terlalu kering juga tidak terlalu basah. Lima hari pertama adalah proses perkecambahan, 15 hari kemudian kedelai akan berbunga, lalu dua bulan setelah penyemaian merupakan pembentukan biji dan memerlukan pasokan air. Pemupukan anda lakukan dua kali selama masa penanaman, yakni pada saat awal dan juga pada saat tanaman mulai tumbuh besar. Ketika menjelang panen sebaiknya suplai air anda hentikan dan membiarkan tanah agar tetap dalam keadaan kering.


Demikian cara penanaman kedelai ini dan semoga memberi manfaat.

No comments:

Post a Comment