Pages

Sunday, September 1, 2013

Cara Menanam Buah Markisa Manis Segar

Buah yang rasanya asam manis dan segar adalah markisa. Mudah untuk ditanam dan termasuk buah yang hidup di daerah tropis termasuk di Indonesia. Hasil impor dari Negara Amerika ini memiliki rasa khas yang berbeda dari jenis buah lain yang ada karena memberikan kesegaran bagi siapa saja yang memakannya. Ada beberapa jenis markisa yang ada antara lain markisa manis, ungu dan kuning. Markisa kuning terdapat di dataran rendah sedangkan ungu berada di dataran tinggi, dan untuk markisa manis hanya ada di bagian Sumatera barat. Kemudahan dalam menanam buah ini, dapat ditanam pada semua jenis tanah asalkan cukup bahan organik dan unsur haranya.



Tanah yang dipakai tidak boleh masam dan harus mendapatkan kandungan air yang cukup. Jika ingin menanam markisa maka harus memilih bibit yang sesuai karena setiap jenis markisa memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti pada markisa jenis ungu batangnya kecil dan akarnya pendek sehingga sangat mudah mengalami kerusakan, dan jenis ini tidak menyukai serangga tanah. Rasa manis yang dikandung buah ini tetap menarik peminat untuk menanamnya meskipun dirasa cukup sulit. Markisa jenis kuning rasanya asam tetapi batangnya sangat bagus. Maka dari itu para petani dan pengelola menggabungkan jenis keduanya untuk pembibitan,

Cara menanam buah markisa tidak begitu sulit, tetapi harus membuat tiang rambatan yang menggunakan pucuk bambu agar markisa dapat menghasilkan buah dengan jumlah yang banyak. Jika proses penanam dirasa telah selesai maka markisa wajib dipelihara karena untuk menghasilkan markisa secara maksimal dibutuhkan pemeliharaan secara khusus.

Gunakan pupuk urea atau pupuk kandang agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Bukan hanya penggunaan pupuk saja yang dapat memicu suburnya tanaman ini, tetapi juga pemberian air yang optimal ketika markisa sedang berbuah atau berbunga.  Pemberian air bisa dilakukan secara alami ketika turunnya hujan, atau jika cuaca panas dapat disiram dua hari sekali dan secara rutin. Jika tidak disiram maka buah markisa akan cepat rusak dan rontok.

Cara menanam buah markisa selanjutnya dengan penyiangan supaya tanaman tidak tampak rimbun, karena jenis dari tanaman markisa mempunyai daun yang berimbun.

No comments:

Post a Comment