Home » » Cara Menyemai Bibit Pohon Jati yang Baik dan Benar

Cara Menyemai Bibit Pohon Jati yang Baik dan Benar

Pohon jati merupakan salah satu jenis pohon kayu yang sangat bermanfaat. Biasanya digunakan untuk bahan bangunan rumah dan properti lainnya. Pohon jati sudah terkenal sejak lama dan masih dicari oleh masyarakat khususnya orang Indonesia sebab sangat terkenal dari segi kualitasnya yang dipercaya mampu tahan lama terhadap perubahan cuaca serta anti rayap.  Pohon jati paling banyak diburu oleh pembajak liar dibanding dengan jenis pohon lainnya. Penebangan pohon liar yang dilakukan secara serentak dalam sebuah organisasi besar sudah merusak ekosistem hidup dari hutan sehingga dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang dapat membahayakan masyarakat sekitar.

pohon jati

Kayu jati banyak dicari oleh warga untuk dijual sebab harganya yang sangat mahal. Namun belakangan ini warga mulai sadar akan akibat yang dapat ditimbulkan dari penebangan liar tersebut sehingga muncullah ide untuk memperbanyak bibit pohon jati walaupun harus melewati fase selama puluhan tahun sampai pohon jati di panen. Saat ini sudah banyak yang menjual benih pohon jati dengan berbagai jenis serta ukuran. Menanam pohon jati memerlukan lahan yang luas dan kesabaran sebab jangka waktu penanaman sampai panen relatif lama hingga puluhan tahun.

Berikut cara menyemai bibit pohon jati :

  • Pertama benih pohon jati dijemur di bawah sinar matahari selama 1 sampai 4 hari. Setelah itu, benih pohon jati direndam dengan menggunakan air selama 3 hari. Lalu tiriskan benih jati dan dijemur lagi di bawah sinar matahari selama 1 hari serta sorenya sudah dapat di semai pada medium tanam yang sudah disiapkan.
  • Penyiapan media pesemaian. Untuk benih jati super 1kg dibutuhkan media tanam semai yang berukuran panjang 1 m dan lebar 70 cm. kalau 10 kg benihnya maka lahannya berukuran 10 m dan lebar 7 m.
  • Kemudian masukan tanah yang sebelumnya sudah dicampur dengan pupuk kandang ke media tanam tadi dengan tebal maksimal 10 cm. lalu letakkan benih tadi di atas tanah, setelah itu lapisi dengan menggunakan pasir setebal 8 cm. pasir ini bermanfaat untuk memanaskan benih jati.
  • Kemudian tutup pesemaian dengan plastik bening dengan ketinggian 70 s/d 80 cm.
  • Dalam waktu lebih dari 3 minggu bibit sudah mulai berkecambah.

Sekian info tentang cara menyemai bibit pohon jati semoga menambah pengetahuan anda.

Judul Artikel: Cara Menyemai Bibit Pohon Jati yang Baik dan Benar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment