Home » » Cara Menanam Palem Agar Mudah Hidup Di Segala Musim

Cara Menanam Palem Agar Mudah Hidup Di Segala Musim

Palem merupakan jenis tanaman yang mudah ditemukan karena dapat hidup diberbagai tempat seperti gunung, tanah gersang, pantai dan tanah subur. Palem mempunyai banyak jenis seperti palem raja yang batangnya kokoh, berwarna daun hijau, ketika pelepahnya rontok maka akan meninggalkan bekas garis yang warnanya abu-abu agak putih. Kemudian ada palem putri yang berbentuk menyerupai palem raja. Daunnya yang lebar dan berwarna agak hijau.

Digunakan sebagai tanaman hias dalam rumah atau di pinggir jalan. Palem botol yang bentuk bawahnya agak menggelembung tetapi batang atas sedikit menyempit. Palem jenis ini pertumbuhannya sangat lambat dan membutuhkan lahan yang luas. Jenis lainnya adalah palem merah asli Indonesia. Tumbuhnya di hutan rawa. Ciri khusus dari jenis ini dari tulang daun dan pelepah yang berwarna merah menyala. Diletakkan pada tempat yang terkena terik matahari.

Cara menanam palem dilihat dari iklim yang bagus seperti iklim tropis yang banyak terkena sinar matahari. Tetapi ketika sedang pembibitan dan perkecambahan sebaiknya diletakkan di tempat yang jauh dari sinar matahari. Gunakan tanah yang banyak mengandung pasir. Palem diperbanyak oleh bijinya karena jika menggunakan anakan akan menimbulkan banyak resiko seperti kegagalan.

Untuk palem merah sangat sulit dalam pemisahan anakan, dapat memakai cara yang pertama irisan bertahap. Langkah-langkah nya iris seperempat dari bagian rimpang anakan kemudian diamkan selama sepuluh hari. Cara kedua dengan irisan langsung yakni irislah rimpang anakan  lalu biarkan hidup hingga beberapa bulan. Dalam teknik penyemaian benih dilakukan tiga cara yakni pengecambahan dilanjutkan dengan penumbuhan tunas lalu yang terakhir pembesaran bibit.

Ketika sedang pemeliharaan bibit atau penyemaian gunakan bibit dua sampai empat lembar daun dan tanam di polybag. Siapkan segala campuran seperti sekam padi, pupuk kandang dan tanah lalu masukkan ke dalam adah. Hati-hati ketika mencabut bibit. Akar dicelupkan ke dalam fungisida dithane. Setiap pot tanam satu bibit dan letakkan di tempat yang teduh. Tambahkan pupuk NPK setiap satu setengah bulan. Dan siram setiap hari.

Cara menanam palem harus dijalani dengan tekun karena membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk pemeliharaannya. Dan selama itu pula keteduhan tempat harus dikurangi agar tanaman bisa beradaptasi.

Judul Artikel: Cara Menanam Palem Agar Mudah Hidup Di Segala Musim
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment