Pages

Wednesday, December 18, 2013

Cara Menanam Pohon Kaktus Agar Cepat Tumbuh Besar

Kaktus merupakan tumbuhan berduri. Banyaknya air yang dikandung dalam kaktus membuatnya dapat mempertahankan hidup. Kehidupan kaktus di daerah yang panas. Jenisnya cukup banyak karena dihasilkan dari penyilangan spesies. Perbedaan setiap jenisnya ditandai dapat dilihat dari bentuk, bunga dan warna batang. Karena keindahan beragam kaktus maka tanaman ini menjadi pilihan untuk dibudidayakan. Karakteristik dari kaktus antara lain menyukai sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik. Karena dagingnya yang tebal tidak cocok jika terlalu banyak air sebab itu menjadikannya lembab. Hidup di habitat panas dan kering.

Cara menanam pohon kaktus menggunakan biji atau tunas yang menyemai sendiri, bisa dibeli di toko tanaman. Jika menginginkan rumah tampak hijau bisa langsung ditanam dalam pot dan diletakkan di halaman rumah.  Gunakan  media kapur, bubuk tulang dan batu bara kemudian tambahkan tanah liat dan humus. Atau yang mempunyai pekarangan luas bisa ditanam dalam tanah yang menggunakan komposisi tanah liat, pasir dan humus. Semua media itu bertujuan menghilangkan rasa asam karena jika tanah banyak mengandung asam tidak dapat tumbuh dengan subur. Campuran dari semua media itu tidak diberikan pada semua jenis kaktus karena ada beberapa kaktus yang tidak cocok menggunakan media tersebut.

Langkah selanjutnya memasukkan biji ke dalam pot atau tanah yang sudah disiapkan. Peletakkan tunas diusahakan berada di tengah. Jika semua itu telah selesai maka siram dengan air. Ingat jangan terlalu banyak menyiramnya karena kaktus tidak tahan dengan banyaknya air.

Kaktus ada yang berbunga tetapi ada pula yang tidak menghasilkan bunga. Untuk menghasilkan bunga tersebut dibutuhkan tiga tahun lamanya agar dapat tumbuh. Untuk yang tidak menumbuhkan bunga ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti melihat suhu yang ditempati oleh kaktus, untuk malam hari usahakan meletakkan di tempat yang bersuhu lima belas derajat dan siang hari sebisa mungkin mencapai empat puluh derajat. Cara yang dapat dipakai untuk suhu yang ekstrim ialah membuat rumah kaca dengan bahan plastik UV yang dibuat dengan bentuk lorong. Bibit kaktus dapat langsung ditanam dalam rumah kaca.

Cara menanam pohon kaktus harus mengikuti persyaratan seperti iklim mikro dan petunjuk teknis budaya. Untuk merawatnya jangan lupa memberikan pupuk ketika masa pertumbuhan.

No comments:

Post a Comment