Home » » Bahaya Pestisida Kimia Bagi Manusia dan Lingkungan

Bahaya Pestisida Kimia Bagi Manusia dan Lingkungan

Masalah-masalah rusaknya lingkungan pertanaman lebih dititik beratkan pada pemakaian pestisida kimia yang tidak bijaksana. Pestisida pada mulanya merupakan obat mujarab untuk mengatasi organisme pengganggu tanaman, tetapi karena daya racun bahan yang dipakai dan lamanya bertahan di laham menjadi masalah yang serius.



Penggunaan pestisida kimia secara gegabah dan tidak bijaksana yang telah menimbulkan masalah-masalah baru yang lebih rumit. Bahaya pestisida yang ditimbulkan antara lain:
  1. Resistensi, penggunaan pestisida pada hama menimbulkan strain baru yang tahan terhadap pestisida
  2. Menimbulkan resurgensi/ledakan hama tertentu karena matinya musuh alami sehingga sulit dikendalikan lagi
  3. Ledakan hama sekunder, yaitu hama jenis lain yang semula tidak penting
  4. Musnahnya musuh-musuh alami yang sngat membantu petani
  5. Rusaknya ekosistem perairan dan pertanian akibat residu pestisida yang ada seperti golongan organochlorin (DDT, Aldrin, Dieldrin, dll) yang memiliki tingkat persistensi (tidak mudah terurai) yang lama.
  6. Degradasi kesehatan manusia yang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang berbahaya seperti berkurangnya ketahanan tubuh, tingkat kematian bayi, keracunan, kelahiran cacat, dll.
Residu pestisida kimia pada tanaman yang berbahaya bagi konsumen adalah seperti organochlorin. Pada tahun 1994 dilaporkan oleh Badan Proteksi Lingkungan (EPA USA) berbagai kasus serius pada kesehatan masyarakat disebabkan oleh dioxin dan dioxin like. Dioxin bersifat sangat stabil. Polutan ini baru bisa terurai dalam jangka waktu 10-30 tahun. Bisa dibayangkan betapa bahayanya bila akumulasi dioxin ini masuk ke dalam tubuh hewan atau manusia.

Dioxin adalah nama umum sekelompok bahan kimia. Bahan kimia dimaksud diantaranya 2,3,7,8 tetrachlorodibento p-dioxin (TCDD). Sedangkan dioxin like seperti furan dan beberapa poly chlorinated bi phenyls (PBC).

Bahan berbahaya tersebut akan terakumulasi pada konsumen tertinggi yaitu manusia, sehingga manusia mendapat masukan racun paling banyak dan akan sangat mempengaruhi kehidupannya.

Untuk itulah, dibutuhkan pestisida alami yang dapat mengendalikan hama tanaman dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di alam.

Judul Artikel: Bahaya Pestisida Kimia Bagi Manusia dan Lingkungan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment