Home » » Cara Menanam Apel Secara Efektif

Cara Menanam Apel Secara Efektif


Cara menanam apel sangat digemari oleh beberapa orang karena manfaat dari buah ini sangatlah luar biasa dan banyak sekali digunakan sebagai pengobatan. Untuk penanamannya bisa disatukan bersama tanaman yang lainnya. Untuk peletakan di tanah tidak bisa dilakukan dengan jarak yang dekat karena akan mengganggu sirkulasi dan menjadi penyakit bagi apel. Jika matahari tidak dapat masuk maka pertumbuhan pada buah tersebut akan terganggu dan intercropping hanya bisa dilakukan sekitar dua tahun atau sebelum daun menutupi tanah tersebut.

Cara menanam apel pertama kali yang dilakukan adalah membuat desain kebun agar dapat mengetahui dimana letak penanaman apel yang bagus serta melihat drainase yang pas untuk apel. Bersihkan tempat penanaman seperti rumput yang sering tumbuh lalu sekalian mengolah tanah yang ingin digunakan. Untuk membuat lubang yang harus dilakukan pertama kali ialah memasang ajir, gunanya untuk mengetahui dimana letak untuk penanaman apel. Yang pertama dilakukan yakni menancapkan ajir pada sudut kebun dengan tali lalu tariklah garis agar dapat menentukan dimana ajir selanjutnya. Bisa menggunakan tipe segitiga atau segiempat dan itu sesuai selera. Pengertian dari ajir sendiri ialah tempat dimana apel ditanam sehingga bisa dikatakan jarak ajir dari yang pertama hingga selanjutnya merupakan jarak tanam. Langkah selanjutnya adalah pembuatan lubang yang dipakai untuk menanam. Buatlah lubang tersebut ketika memasuki kemarau. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan lahan. Caranya pada bagian atas tanah diambil dan diletakkan disisi kiri sedangkan bagian dalam tanah diambil kemudian diletakkan pada sisi sebelah kanan. Campurkan pupuk organik seperti kompos sekitar dua kaleng minyak atau dua puluh kg. diamkan hingga dua minggu maka lahan pun bisa digunakan untuk menanam apel.

Cara menanam apel dilakukan ketika musim hujan, mulailah dengan memasukkan tanah yang berada di bawah kedalam lubang, selanjutnya menaruh bibit tepat ditengah lubang dan jangan lupa untuk mengatur akar agar dapat menyebar. Tanah galian tadi dimasukkan pada lubang bagian atas hingga mencapai leher akar dan tekan agar bibit yang ditanam dapat kuat serta lurus. Jika ingin menguatkan bibit lagi juga bisa menggunakan air bamboo lalu diikat supaya tidak jatuh.

Seperti itulah cara menanam apel secara efektif yang dapat dilakukan dengan mudah.

Judul Artikel: Cara Menanam Apel Secara Efektif
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment