Pages

Saturday, July 27, 2013

Cara Menanam Buah Pisang Dengan Cukup Mudah

Kali ini kami akan memberikan sedikit info bagi anda yang ingin mengetahui cara menanam pohon pisang dengan baik dan tentunya cukup mudah. Buah pisang sebenarnya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang pasti sudah sangat familiar dan akrab dengan para penduduk yang ada di   Indonesia. Budidaya pada buah pisang yang mudah serta murah membuat buah pisang banyak ditanam baik di tanam di pekarangan rumah ataupun di lahan pertanian.



Sebelum Anda memulai menanam buah pisang ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis buah pisang yang dapat di tanam di Indonesia.

  1. Pisang yang langsung dapat di Konsumsi tanpa harus memasaknya dahulu, misalnya seperti pisang ambon, raja, susu, dan mas.  
  2. Pisang yang jika di konsumsi harus dimasak terlebih dahulu misalnya seperti pisang kapok, nangka dan tanduk.
  3. Pisang yang memiliki banyak biji seperti misalnya pisang klutuk dan batu  (yang biasa di gunakan untuk dirujak)

Setelah anda telah mengetahui jenis buah pisang, Maka anda dapat menyimak cara menanam pohon pisang dengan  benar dan baik.

Pohon pisang dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam dengan menggunakan media tanam yang humus dan juga yang telah  ditambah dengan pemupukan yang cukup memadai Sebab pohon pisang ini termasuk dalam jenis tanaman yang cukup rakus akan makanan.

Tunas pisang yang dapat diambil adalah tunas pisang yang telah mencapai ketinggian 1 hingga 2 meter dengan  memiliki  lebar batang 15 sampai 25 cm. Cara melakukam pemilihan dari Bibit  buah Pisang yang Bagus adalah dengan cara memilih Bibit Tunas Pohon yang sehat serta banyak berbuah.

Jarak tanam pohon pisang dapat Anda atur sesua dengan lebar lahan yang ada, tapi usahakanlah untuk tidak terlalu berdekatan. Dan buatlah lubang tanaman untuk pohon Pisang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm untuk tanah berat, serta 40 x40 x 40 cm untuk tanah yang gembur.

Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya bila media tanam telah dicampuri terlebih dahulu dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Dalam waktu penanaman pohon pisang paling baik adalah pada saat pagi hari sebelum jam 10. Hal ini bertujuan supaya pohon pisang yang telah ditanam dapat tampak lebih segar.

Inilah cara menanam buah pisang dengan baik dan benar yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment