Home » » Cara Menanam Jabon dengan Mudah

Cara Menanam Jabon dengan Mudah


Cara menanam jabon yang paling efektif digunakan ialah menggunakan metode pengelihatan struktur tanah. Jabon yang didefinisikan sebagai tanaman berjenis kayu yang sangat mudah sekali tumbuh dengan cepat. Perkembangan pada saat usia muda jabon memiliki diameter sepuluh cm per tahun. Mempunyai batang berbentuk silinder dan lurus merupakan suatu nilai tambah untuk tanaman jabon ini. Tentunya perawatan yang bagus merupakan modal utama dalam menanam jabon ini dengan penanaman di daerah yang sesuai dengan iklim yang dibutuhkan untuk jabon tersebut. Tumbuhan ini bisa berada di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari seribu dpl.

Harus diperhatikan faktor-faktor cara menanam jabon yang benar yakni menghindari lahan yang dirasa agak basah atau becek dan memiliki potensi banjir ketika hujan karena akibat dari menanam di lahan tersebut adalah dapat memperlambat pertumbuhan jabon selain itu mengurangi produktivitasnya. Sebaiknya jika ingin membuat subur jabon maka tanamlah pada ketinggian lima ratus dpl sehingga produktivitas dari jabon dapat berjalan dengan baik. Ketika ingin menyiapkan lahan maka lihatlah dulu apakah ada naungan disana. Berhati-hatilah ketika penanaman awal biasanya terdapat semak belukar yang dapat menutup bibit baru, kejadian ini dapat menyebabkan tanaman jabon mati karena tumbuhan ini tidak mendapatkan nutrisi ketika ditutup oleh semak belukar dan juga sinar matahari tak dapat masuk ke dalam jabon.

Cara menanam jabon ialah pertama buatlah lobang dengan ukuran P 25 cm x L 25 cm x kedalaman 60 cm. Setelah itu masukkanlah kompos kurang lebih 2.5 gram dan campurkan sebagai pupuk lalu endapkan pada lubang berbatu yang berbentuk kerucut kebawah pada ketinggian tiga puluh cm, cara seperti itu bisa ditanam sekitar tiga sampai tujuh hari. Setelah itu tusuklah lubang pada endapan kompos dengan menggunakan kayu jadi bentuk lobang tersebut seperti dapat sesuai untuk semayaman tanaman. Bibit dimasukkan dan akar dengan posisi lurus ke bawah kemudian penutupnya menggunakan tanah kompos dengan tanah yang memiliki tinggi dua puluh cm sehingga hanya tersisa lubang sebesar sepuluh cm yang berfungsi sebagai kantong air.

Itulah cara menanam jabon dengan mudah sehingga kita dapat mempraktekkannya.

Judul Artikel: Cara Menanam Jabon dengan Mudah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment