Home » » Cara Menanam Jeruk Di Lahan Terbuka

Cara Menanam Jeruk Di Lahan Terbuka


Jeruk merupakan buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis serta banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kita bisa memperoleh jeruk di pasar tradisional atau langsung di pasar buah, sekarang di pasar modern seperti mall juga sudah ada jadi sangat gampang sekali untuk mendapatkannya. Sebelum masuk ke cara menanam jeruk sebaiknya anda harus mengetahui dulu cara mendapatkan bibit jeruk tersebut sebagai berikut :
  1. cangkok = cangkok biasanya didapat dari tanaman induk berkualitas tinggi. Dahan yang mau dicangkok harus sehat, dewasa dan tidak boleh garis tengahnya kurang dari satu cm. selanjutnya kupas dahan yang sudah siap untuk dicangkok secara mengelilingi selebar 2 – 3 cm, lalu bagian yang terbuka tadi ditutupi dengan tanah, setelah itu balut dengan sabut kelapa bisa juga menggunakan plastik, beri lubang-lubang sebagai sirkulasi udara. Siramlah setiap hari cangkokan tersebut agar tidak kurang air. 
  2. okulasi = cara ini adalah yang paling banyak dipakai petani jeruk karena kualitasnya lebih baik daripada cangkok, yaitu dengan cara menempelkan sebuah mata, cabang atau tunas muda dari 1 tanaman ke batang tanaman yang kita pilih.


Cara menanam jeruk di lahan terbuka :

Waktu yang baik digunakan untuk menanam benih jeruk adalah pada musim penghujan dan menjelang musim kemarau. Sebelum memulai menanam bibit, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi tanah yang ada di lubang-lubang tanam yaitu apa sudah benar-benar basah mulai dari atas sampai bawah. Lebar dan kedalaman lubang tanam harus cukup untuk pertumbuhan akar, supaya arah pertumbuhannya bisa lurus. Selain itu untuk memaksimalkan pertumbuhan maka pada lubang tanam ditambah dengan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang atau kompos kurang lebih 20 kg serta NPK kurang lebih 250 gram atau bisa menggunakan campuran TSP, KCL, Urea dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Jarak lubang untuk jeruk yang besar adalah 8 x 8 meter lalu untuk jeruk keprok jaraknya adalah 5 x 5. Cara menanam jeruk dengan benar dan tepat dalam pemupukan akan meningkatkan hasil panen.

Judul Artikel: Cara Menanam Jeruk Di Lahan Terbuka
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment