Pages

Wednesday, July 24, 2013

Cara Menanam Pakchoi Yang Sangat Berguna Untuk kesehatan

Badan sehat dan bugar adalah harapan sebagian besar manusia atau hampir seluruhnya menginginkan hal itu. Untuk mewujudkan ini biasanya ditunjang dari makanan yang sehat seperti 4 sehat dan 5 sempurna. Salah satu makanan itu diantaranya adalah sayuran; seperti sayuran pakchoi. Sayuran Pakchoi adalah sayuran yang mempunyai usia pendek sekitar 45 hari kurang lebih. Karena itu, sangat cepat untuk dipanen. Sayuran ini biasa dijadikan bahan utama sup atau garnish (hiasan) di dalam makanan.



Biasanya hidup di daerah dataran rendah ataupun tinggi. Cara tanam baik adalah salah satu tunjangan untuk mendapatkan kualitas tanaman pakchoi yang tinggi dan terbagus. Tanaman harus cukup terkena sinar matahari dan berpH antara 5,5 hingga 6, aerasi lahan sempurna.
Lahan yang akan ditanami sayuran pakchoi memiliki lebar 2 meter atau sesuai dengan ukuran lahan keseluruhan. Saluran air pun dibuat dengan lebar 50 cm, ini dilakukan untuk perataan permukaan.

Selain itu, kita juga harus tahu ciri-ciri bibit yang sehat, diantaranya: daun warna hijau yang segar, tidak terkena hama atau penyakit, dan warna daun hijau segar dan tegak batangnya.

Keberhasilan panen itu tergantung dari bagaimana cara kita menanam dengan baik. Termasuk bagaimana cara menanam sayuran pokchoi dengan tehnik yang benar. Berikut adalah cara-caranya :
  1. Pindahkan bibit ke bendengan utama.
  2. Lubangnya dibuat dengan ukuran 4x6 cm (Tapi jika bibit cukup besar, lubang tanam harus 8x10 cm).
  3. Bibit yang masih dalam polybag (plastik hitam) harap dipindahkan ke lubang tanam dengan perlahan dan hati-hati.
  4. Pastikan tanah pada akar tetap melekat utuh atau tidak pecah.
  5. Tutup rapih lubang tanam dengan tanah.
  6. Bibit sayuran pokchoi siap dipelihara.
Cara menanam pakhoi lebih baik dilakukan menggunakan tanah yang terbebas dari hama. Agar dapat menjalankan itu semua maka ada beberapa tindakan yang harus dilakukan seperti menjaga dan selalu merawat dari serangan hama. Sekian dari saya. Satu kunci sukses panen besar adalah kehati-hatian, usaha, serta do'a. Semoga artikel ini bermanfaat. Dapat menjadikan usaha Anda berkembang pesat. Jika dijual dipasaran dengan kualitas bagus dapat menunjang nilai harga jual yang tinggi.

No comments:

Post a Comment