Pages

Thursday, November 28, 2013

Cara Menyemai Tanaman Hias Anthurium

Anthurium merupakan tanaman hias tropis, mempunyai daya tarik yang tinggi sebagai tanaman hias untuk ruangan. Karena bentuk bunga dan daunnya yang indah, anthurium yang memiliki daun indah merupakan asli Indonesia, sedangkan yang bunga potong merupakan asli eropa. Di indonesia ada 7 jenis anthurium yaitu : anthurium scherzerianum, antharium makrolobum, antharium hibridum ( lidah gajah ), antharium rafidooa, antharium andreanum, antharium pedatoradiatun ( wali songo ) dan antharium cyrstalinum ( kuping gajah ). Antharium bisa diperbanyak dengan dua cara, yaitu vegetatif ( stek ) dan generatif ( biji ).

Anthurium

  1. Perbanyakan menggunakan cara generatif ( biji ) = antharium mempunyai 2 macam bunga yaitu bunga betina dan bunga jantan. Bunga jantan ditandai dengan benang sari dan bunga betina ditandai dengan lendir. Biji dapat diperoleh dengan mengawinkan bunga betina dan bunga jantan.
  2. Perbanyakan menggunakan cara vegetatif ( stek ) = ada 2 jenis stek yaitu batang dan mata tunas. Cara perbanyakan dengan metode batang adalah memotong pada bagian atas tanaman / batang dengan menyertakan 1 s/d 3 akar, lalu bagian atas tanaman tadi yang telah dipotong dapat ditanam pada media tanam yang sudah disiapkan. Sedangkan stek mata tunas merupakan teknik mengambil 1 mata pada cabang, setelah itu menanam mata tunas ke dalam media tanam yang sudah disiapkan.

Untuk media tanam pesemaian gunakan campuran dari humus, pasir sungai dan pupuk kandang. Lalu ayak dengan ayakan agar halus lalu campur dengan perbandingan 5 : 5 : 2. Dan untuk media tanam khusus tumbuhan dewasa kukus dulu agar steril selama 1 jam. Untuk tempat tanam anda dapat menggunakan pot yang berbahan tanah. Pot yang paling bagus untuk media tanam adalah pot yang terbuat dari tanah sebab mempunyai pori-pori untuk meresapnya udara.

Jika pot masih baru sebaiknya rendam dulu selama 1o menit di dalam air lalu di bagian atas diberi bata setebal ¼ dari tinggi pot. Kemudian di bagian bawah diberi pecahan dari genting. Untuk pemeliharaan siramlah tanaman 2 kali sehari dan daun yang sudah tua / rusak sebaiknya dipotong. Itu tadi ulasan tentang cara menyemai tanaman hias semoga dapat anda terapkan di rumah.

No comments:

Post a Comment