Home » , » Cara Menanam Kelapa Dengan Biaya Yang Cukup Murah

Cara Menanam Kelapa Dengan Biaya Yang Cukup Murah


Pada artikel kali ini kami akan sedikit menjabarkan cara menanam kelapa supaya biaya yang di keluarkan untuk proses penanam tersebut menjadi lebih murah dan menjadi semakin efektif. Kami di  sini akan mengambil contoh cara untuk menanam kelapa sawit yang masih tergolong mahal untuk melakukan penanaman. Kelapa sawit ini akan tumbuh dengan baik jika mengalami penyinaran selama kurang lebih 5 hingga 7 jam setiap harinya, dan dengan mendapatkan curah hujan untuk setiap tahunnya kurang lebih 1500 hingga 4000 mm. Temperatur untuk kelapa sawit ini juga harus berada di 24 hingga 280 derajat celcius. Untuk ketinggian penanaman ini yang ideal adalah antara 1 hingga 500 m serta dengan kecepatan angin antara 5 hingga 6 km perjam yang dapat membantu kelancaran proses penyerbukan.

Tanah yang baik untuk kelapa sawit ini adalah tanah yang banyak mengandung lempung, subur dan dapat beraerasi. Tanah tidak berbatu dan PH tanah antara 4 hingga 6 yang memiliki solum yang cukup dalam hingga 80 cm. Tanah yang dapat di jadikan sebagai tempat berkebun kelapa sawit adalah tanah ultisol, latosol dan alluvial, dataran pantai, tanah yang gambut dan sprik serta muara sungai.

Jika anda ingin melakukan penanaman kelapa sawit anda perlu mengetahui jenis-jenis dari bibit kelapa sawit terlebih dahulu. Anda harus secara teliti untuk memilih benih yang benar-benar bagus karena hal ini akan berpengaruh dalam proses stagman dan akan mengakibatkan kerugian dalam penanaman kelapa sawit.
Berikut adalah cara penanaman kelapa sawit yang cukup mudah dan efisien :


  1. Yang perlu anda lakukan pada awal melakukan penanaman adalah dengan melakukan perencanaan peralatan, tenaga kerja, serta kebutuhan bibit.
  2. Galilah lubang dengan menggunakan ukuran 40cm pada setiap sisinya.
  3. Beri pupuk rock posphat pada setiap dinding lubang dan dasar lubang dengan dosis 75gr.
  4. Anda dapat menanam kelapa sawit dengan membuka polibag nya terlebih dahulu agar kelapa sawit tidak menjadi kerdil.
  5. Berikutnya timbun dengan menggunakan tanah yang diawali dengan tanah top soil lalu tanah sub soil agar tanah yang berada di dekat tanah menjadi lebih subur dan tanaman akan menjadi lebih cepat tumbuh.
  6. Berikutnya adalah dengan menginjak tanah top soil hingga padat dan menambahkan tanah lalu injak lagi hingga padat
  7. Sebar pupuk RP di pinggir dengan dosis 75gr.
  8. Pasangkan seng pada pangkal batang.


Kesembilan cara menanam kelapa ini semoga dapat membantu anda yang ingin melakukan usaha perkebunan kelapa sawit.

Judul Artikel: Cara Menanam Kelapa Dengan Biaya Yang Cukup Murah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment