Home » » Tips Cara Menanam Sayuran Di Lahan yang Sempit

Tips Cara Menanam Sayuran Di Lahan yang Sempit


Bukan hanya di perkotaan, lahan di pedesaan juga kini sudah mulai menyempit, apalagi di Pulau Jawa. Dalam keterbatasan lahan, Anda sebenarnya masih bisa bercocok tanam, khususnya untuk Anda yang memang hobi menanam sayuran dan buah-buahan.
Jika Anda tidak bisa menanam sayuran dan buah-buahan di pekarangan rumah karena lahan yang memang terlalu sempit, Anda bisa menanamnya didalam pot. Agar lebih banyak, Anda juga bisa membuat pot gantung atau dengan memanfaatkan polybag.
Beberapa sayuran yang bisa Anda tanam dilahan yang sempit antara lain buncis, kacang-kacangan, tomat, cabai rawit, cabai merah dan sayuran kecil lainnya seperti bayam.
Cara Menanam Sayuran di Lahan yang Sempit
  • Siapkan media tanam berupa bedengan lalu buatlah lubang untuk menaruh biji atau benih sayuran yang akan Anda tanam.
  • Gemburkan tanah dengan cara mencampurkannya dengan pupuk kandang.
  • Jika sayuran yang Anda tanam adalah sayuran yang merambat, Anda bisa menambahkan ajir bambu sebagai tempat sayuran merambat. Beberapa sayuran yang merambat adalah timun, buncis dan pare.
  • Jika sayuran sudah mulai tumbuh, Anda bisa memupuknya dengan pupuk urea.

Pemeliharaan lainnya adalah dengan menjaga tanah tetap subur dengan cara selalu menyiramnya secara berkala. Untuk hama sendiri akan lebih baik jika kita menyiangi sendiri hama yang ada dalam sayuran tanpa memberikan pestisida dan lain lain.
Jangan lupa untuk menanam sayuran di tempat yang terkena sinar matahari dengan cukup, jangan di tempat yang tersembunyi atau di tempat-tempat yang kurang terkena sinar matahari secara langsung.
Itulah beberapa tips menanam sayuran di lahan yang sempit, Manfaatkanlah lahan yang ada di sekitar rumah Anda walaupun hanya beberapa jengkal agar lebih bermanfaat.

Judul Artikel: Tips Cara Menanam Sayuran Di Lahan yang Sempit
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment