Home » , » Cara Menanam Cabe Keriting

Cara Menanam Cabe Keriting

Komoditi cabe keriting merupakan salah satu tipe cabe yang paling banyak di cari oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai bahan bumbu masakan. Bukan karena hanya rasa pedas, tanaman cabe keriting apalagi yang memiliki warna merah sangat disukai untuk membuat warna serta mempercantik tampilan dari sebuah masakan sehingga menjadi cerah dan meningkatkan selera makan. Di Indonesia permintaan dari kebutuhan cabe keriting terus meningkat lebih-lebih pada saat menjelang bulan puasa dan lebaran. Pada saat-saat ini harga dari komoditi cabe keriting menjulang sangat tinggi bahkan bisa menyaingi harga dari daging. Hal ini disebabkan karena pasokan cabe keriting yang jauh dari standar. Salah satu penyebabnya adalah banyak gagal panen pada saat musim hujan. Selain itu minimnya pengetahuan petani tentang cara menanam yang baik dan benar sehingga menghasilkan cabe rawit yang berkualitas dan berkuantitas. Berikut cara menanam cabe keriting :


  1. Syarat tumbuh dari komoditi cabe keriting adalah pada tanah dataran tinggi / rendah dengan intensitas dari cahaya penuh. Cabe keriting sama dengan jenis yang lain, yaitu tidak tahan bila terkena curah hujan yang deras / genangan air. Karena air hujan dapat menyebabkan bunga dari cabe keriting rontok, sehingga tidak akan bisa berkembang menjadi buah. Selain itu, tanah yang becek / tergenang air bisa membuat batang dari tanaman cabe keriting menjadi mudah busuk.
  2. Selain pada lahan terbuka anda juga dapat menanam cabe keriting menggunakan media tanam lain seperti pot atau polybag. Selain lebih praktis serta menghemat lahan, anda juga dapat melakukannya pada area di sekitar rumah.
  3. Pembibitan = benih bisa didapat dari pembibitan sendiri. Untuk pembibitan usahakan menggunakan polybag kecil. 
  4. Penanam = hal ini bisa dilakukan jika benih sudah berusia 2 minggu atau sudah memiliki panjang 2-5 cm. saat melakukan pemindahan ke lahan usahakan supaya akar dari tanaman tidak rusak lalu masukan ke dalam lubang yang sudah disiapkan. Jarak tanam 70x70 cm bisa lebih, karena daun cabe keriting lebih besar.


Sekian sedikit info dari saya tentang cara menanam cabe keriting semoga bisa membantu anda dalam berbudidaya tanaman ini di sekitar rumah, salam sukses.

Judul Artikel: Cara Menanam Cabe Keriting
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment