Home » , » Informasi Tentang Cara Menanam Kopi

Informasi Tentang Cara Menanam Kopi

Kopi merupakan komoditi yang sangat digemari oleh masyarakat mulai dari kalangan anak sampai orang dewasa. Salah satu keunggulan kopi adalah dapat dijadikan minuman yang nikmat dan bervariasi jenisnya. Sekarang di setiap warung, restoran, caffe semua sudah menjadikan kopi sebagai minuman yang pokok jadi kopi bukan minuman yang asing lagi karena setiap saat santai dirumah pun selalu menyuguhkan kopi. Iklim yang cocok digunakan untuk menanam kopi adalah daerah yang memiliki curah hujan sekitar 1.500 s/d 2.500 mm per tahun dan berada pada ketinggian 1250 s/d 1.850 meter dpl. Untuk suhu tanaman ini membutuhkan suhu udara sekitar 17-21 derajat celcius. Tanaman kopi tidak cocok ditanam pada daerah yang memiliki angin kencang, karena kopi tidak tahan terhadap goncangan. Sebab angin dapat meningkatkan penguapan dan juga bisa menyebabkan pohon tumbang sehingga akan membuat tanaman rusak. Untuk tanah tanaman kopi memerlukan tanah yang gembur, subur, memiliki humus yang banyak, serta permeabel. Selain itu tanah yang dibutuhkan juga harus memiliki pH 5,5 sampai 6,5. Berikut cara menanam kopi :


  • Arabika : Bibit yang digunakan biasanya dibuat dari benih generatif / bibit semai karena kopi arabika tidak membutuhkan cara vegetatif.
  • Robusta : untuk bibit dapat diperoleh dengan cara bibit vegetatif yaitu cangkokan, okulasi, stek dan sambungan. Benih yang didapat dari cara lain sebagainya tidak langsung digunakan supaya benih tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Pemupukan : pupuk yang digunakan untuk tanaman kopi biasanya harus memiliki kandungan unsur nitrogen, kalium dan phospat dalam jumlah yang agak banyak serta unsur-unsur mikro yang lainnya namun diberikan dalam jumlah yang sedikit. Ke 3 jenis pupuk tersebut di pasaran dikenal sebagai pupuk urea / ZA, TSP, dan KCL. Selain itu untuk memberikan hasil yang memuaskan gunakan juga pupuk alami seperti pupuk kandang dan pupuk kompos. Pemberian pupuk buatan bisa dilakukan 2 kali / tahun yaitu pada awal serta akhir musim hujan. Caranya dengan meletakkan pupuk tadi di dalam tanah dengan kedalaman sekitar 10 s/d 20 cm lalu sebarkan di sekeliling kopi tersebut. Pemberian pupuk kandang dilakukan hanya pada saat penanaman pertama.


Sekian semoga berguna dalam menambah wawasan anda.

Judul Artikel: Informasi Tentang Cara Menanam Kopi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment