Home » , » Cara Menanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik MPHP

Cara Menanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik MPHP


Dalam beberapa tahun terakhir, banyak para petani yang menggunakan sistem mulsa plastic dalam menanam tanaman cabai. Hal ini biasanya dimaksudkan untuk meminimalisir kemungkinan adanya hama cabai yang terdapat dalam tanah.

Beberapa cabai yang biasanya ditanam dengan menggunakan system mulsa plastic adalah  Hot Beauty, Hero, Long Chili, Ever-Flavor dan cabai Paprika. Ada juga petani yang menerapkan system ini saat menanam cabai keriting.


System mulsa plastic atau sistem MPHP biasanya diterapkan pada cabai-cabai hibrida. Hal ini dimaksudkan untuk mengimbangi biaya pengadaan MPHP dari peningkatan hasil cabai yang lebih tinggi daripada cabai biasa.

Jika tanpa menggunakan system MPHP, biasanya para petani bisa dengan bebas mengatur jarak tanam antar cabai. Hal ini tentu sangat beresiko, karena jika salah memilih jarak tanam, maka kemungkinan cabai untuk gagal panen semakin besar.

Populasi cabai yang sangat rapat ini dapat mengakibatkan penangkapan sinar matahari setiap tanaman berkurang. Selain itu, kelembaban udara di sekitar kebun juga akan menjadi tinggi sehingga kemungkinan tanaman terserang jamur sangat tinggi.

Cara menanam cabai dengan system MPHP
  1. Siapkan lahan dan buat berupa sengkedan dengan jarak antar sengkedan yang cukup untuk menampung air (tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat).
  2. Buatlah lubang sesuai dengan system MPHP lalu isi lubang tersebut dengan pupuk kandang.
  3. Biarkan selama kurang lebih satu minggu hingga pupuk kandang sudah menyatu dengan tanah.
  4. Tanamlah cabai dengan menggunakan jarak tanam antara akar dan batang adalah 1cm.
  5. Tutup kembali dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang. Jika benih cabai sedikit layu, Anda bisa menyangganya dengan batang kayu.

Itulah cara menanam cabai dengan menggunakan system MPHP, semoga cara diatas bisa membantu Anda yang saat ini ingin membudidayakan tanaman cabai.

Judul Artikel: Cara Menanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik MPHP
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment