Home » , , » Tips Trik Budidaya Tanaman Jagung

Tips Trik Budidaya Tanaman Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman yang bisa memberikan keuntungan yang lebih untuk para petani. Seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan, mulai dari buah sampai dengan batang dan daunnya. Selain itu, jagung juga merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah dipelihara dan tidak membutuhkan terlalu banyak biaya.

Karena berbagai kelebihannya tersebut, tak heran jika banyak petani yang beralih membudidayakan jagung dibandingkan dengan tanaman lainnya. komoditi jagung diyakini mempunyai peluang yang sangat besar untuk dikembangkan melalui agribisnis.

Untuk Anda yang saat ini juga berniat untuk beralih membudidayakan jagung, berikut ini kami berikan tips trik budidaya jagung yang semoga saja bisa menjadi pedoman bagi Anda yang masih belum jelas tentang tata cara dan tips budidaya jagung.

Persiapan lahan
Pilihlah lahan yang subur dengan curah hujan ideal 85-200 mm/bulan dan harus merata. Sinar matahari juga harus tertuju langsung kepada tanaman dan tidak boleh terhalangi.

Persiapan Bibit
Bibit jagung yang baik dan yang jelek bisa dipisahkan dengan cara merendam bibit jagung dalam air minimal selama satu malam. bibit yang jelek biasanya akan mengambang dan bibit yang bagus akan mengeluarkan kecambah.

Bibit yang sudah ada sebaiknya dicampur terlebih dahulu dengan fungisida agar tidak berjamur dan mati sebelum tumbuh.

Teknik Penanaman
Dalam melakukan penanaman jagung, ada beberapa cara yang bisa Anda ambil. Anda bisa menanam jagung dengan pola tumpang sari, tumpang gilir, bersisian atau juga teknik tanam campur. Dari semua teknik yang ada, teknik tumpang gilir adalah yang terbaik. Dengan melakukan teknik ini, pendapatan petani akan jauh lebih banyak setiap tahunnya (saat panen).

Pemeliharaan
Siramlah tanaman jagung yang masih muda minimal dua kali sehari, selain penyiraman, penyiangan dan pemupukan juga sangat penting untuk dilakukan agar pertumbuhan jagung bisa lebih maksimal.

Pemanenan
Jagung bisa dipanen dalam tiga waktu yang berbeda, Anda bisa memanen jagung saat jagung berusia sangat muda (semi), usia muda dan jagung tua. Anda bisa memilihnya sendiri tergantung pada kebutuhan dan harga pasar yang lebih menguntungkan.



Judul Artikel: Tips Trik Budidaya Tanaman Jagung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

0 comments:

Post a Comment