Home » , , » Tips Budidaya Tanaman Bunga Sedap Malam

Tips Budidaya Tanaman Bunga Sedap Malam

Budidaya tanaman bunga merupakan salah satu komoditi yang cukup menjanjikan. Saat ini bunga tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, namun juga telah difungsikan sebagai obat-obatan. Salah satunya adalah bunga sedap malam. Adanya fungsi bunga sebagai obat ini tentu saja menambah nilai jual bagi bunga sedap malam yang tentunya merupakan peluang tersendiri bagi para petani untuk segera membudidayakan bunga sedap malam.

Budidaya Bunga Sedap Malam

Persiapan lahan
Bunga sedap malam bisa tumbuh subur di daerah dengan suhu udara antara 13'C-27'C, Curah hujan per tahun antara 1.900 - 2.500mm dengan sinar matahari yang cukup tanpa ada yang menghalanginya secara langsung. Tanah yang cocok adalah tanah dengan humus yang tinggi.
Persiapan Bibit
Bunga sedap malam ditanam melalui umbi yang diambil dari rumpun induk. Bibit lebih baik diambil dari rumpun yang telah berumur 2 tahun atau lebih dan terlihat sehat atau terbebas dari penyakit tanaman.
Penanaman
Setelah lahan telah digarap dan siap ditanami, Anda bisa langsung menaruh tunas ke dalam lubang yang telah dibuat. Tutuplah lubang dengan tanah yang halus dan berikanlah pupuk urea secukupnya agar tanah lebih subur.
Perawatan Tanaman
Perawatan bunga sedap malam sangatlah mudah, jika tunas sudah tumbuh, Anda hanya perlu menyiraminya secara rutin pada pagi dan sore hari. Jangan lupa juga untuk menyiangi tanaman dari rumput dan gulma yang mungkin tumbuh disekitar tanaman.
Pemanenan bunga sedap malam
Bunga sedap malam telah siap panen jika sudah berumur sekitar 6 sampai 7 bulan. Cara memanennya adalah dengan mencabut tangkai bunga, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati agar bunga cepat kembali tumbuh.

Judul Artikel: Tips Budidaya Tanaman Bunga Sedap Malam
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Kang Roy

Terimakasih sudah berkunjung di blog Cara Menanam, Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar

1 comments:

  1. Adakah pekerjaan pengendalian hama dan penyakit pada tip budidaya tanaman bunga sedap malam?

    ReplyDelete